HALAMAN

  • Sejarah Singkat

    SEJARAH BERDIRINYA SEKOLAH

    SMA Negeri 1 Sapuran terletak di Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, berada sekitar 20 km arah tenggara dari pusat kota Kabupaten Wonosobo. Dimana sekitar sekolah dikelilingi bukit dan tidak berada di pinggir jalan raya, sehingga suasana sekolah menjadi aman dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

    Berdiri pada tahun 1990, pada awalnya bernama SMA Negeri 4 Wonosobo dan masih menginduk pada SMA Negeri 1 Wonosobo, namun karena belum memiliki gedung/ruang untuk kegiatan belajar mengajar sehingga seluruh kegiatan dilaksanakan di SD Inpres Sapuran (sekarang SD Sidodadi). Karena kebutuhan akan ruang belajar yang mendesak pemerintah bekerjasama dengan masyarakat membangun gedung sekolah pada lokasi yang sampai sekarang masih berdiri. Pengerjaan gedung dipercayakan pada CV. Wargi Wonosobo dan selesai pada bulan Februari 1991. Setelah melalui proses penyerahan pengerjaan pada pihak sekolah, gedung baru mulai ditempati pada bulan Maret 1991.

    Berdasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0363/0/1991 tanggal 20 Juni 1991, SMA Negeri 4 Wonosobo resmi mendapat penegrian dengan nama SMA Negeri 1 Sapuran, dengan Kepala Sekolah pertama Kadis Sardjono. Sejak itu, SMA Negeri 1 Sapuran sampai sekarang mengalami kemajuan yang pesat, baik dari segi sarana prasarana maupun prestasi. Seiring berjalannya waktu, banyak didirikan ruang belajar dan sarana prasarana penunjang lainnya baik melalui swadaya masyarakat maupun bantuan langsung dari pemerintah.

    Saat ini SMA Negeri 1 Sapuran dinyatakan sebagai sekolah dengan kategori mandiri yang menjalankan proses kegiatan belajar mengajar dengan Kurikulum 2013. Beberapa unsur sekolah telah menjadikan SMA Negeri 1 Sapuran mendapat peringkat status Akreditasi A, sehingga sudah menjadi kepercayaan masyarakat Sapuran dan sekitarnya untuk menjadi salah satu rujukan sebagai salah satu SLTA alternatif.

     

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA