BERITA

  • Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Depan 11.087/11.088 Pangkalan SMA Negeri 1 Sapuran

    Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Depan 11.087/11.088 Pangkalan SMA Negeri 1 Sapuran

    Sapuran, (6/8) Pada Hari Sabtu – Minggu tanggal 6 - 7 Agustus 2016 kegiatan ekstrakurikuler pramuka mengadakan kegiatan PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) atau Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). Kegiatan tersebut diikuiti siswa baru kelas X sebanyak 186 siswa SMA Negeri 1 Sapuran dan 18 siswa SMA Negeri 1 Sapuran Kelas Jauh di Ropoh. 

    Selain diampu Bapak Ibu guru pembina, annggota Dewan Ambalan sebanyak 25 siswa, Calon Anggota Dewan Ambalan sebanyak 25 siswa, dan juga Anggota Dewan Kehormatan yang terdiri alumni sebanyak 20 orang  juga turut membantu kegiatan tersebut.

    Kegiatan PTA diawali  pada hari Sabtu (5/8) pukul 07.30 dengan  Upacara Pembukaan. Di dalam amanat pembina upacara  Kak Sukarno mengharapkan semua peserta mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya penuh dengan rasa tanggung jawab.

    Setelah upacara, peserta mengikuti kegiatan outbound. Jalur outbound ada di sekitar lingkungan sekolah. Kegiatan ini  sekaligus menilai kecakapan anggota sangga terhadap pramuka. Kegiatan dimulai dengan menebak kata dalam sandi semaphore. Kelompok sangga yang bisa menebak kata bisa berangkat terlebih dahulu. Dalam jalur outbound juga ada pos-pos yang menguji kecakapan dan kekompakan anggota sangga.

    Sore hari diadakan api unggun yang melibatkan seluruh peserta. Ajang ini sebagai upaya menunjukkan jiwa seni yang ada dalam anggota. Ada yang unjuk kebolahan menyanyi, puisi, dance dan lain-lain.

    Pada malam hari sekitar pukul 02.00 WIB ada acara Renungan Malam. Tujuan acara ini untuk review keikutsertaan anggota dalam kegiatan pramuka dan untuk  menambah semangat dalam mengikuti kegiatan pramuka.

    Bangun pagi pada hari Minggu, setelah sholat Subuh diadakan senam pagi untuk menjaga kebugaran dan kesehatan anggota Ambalan.

    Pada siang hari diadakan acara Baksos (Bakti Sosial) ke lingkungan SMA Negeri 1 Sapuran. Acara ini berupa pembagian 20 paket sembako. Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli ke masyarakat sekitar. Kemudian  dilanjutkan dengan kebersihan lingkungan.

    Acara ini ditutup  dengan Upacara Penutupan pada hari Minggu. Kak Indah Nurhayati,selaku pembina upacara menyampaikan bahwa semua peserta yang semula dari berbagai sangga di SMP masing-masing sekarang sudah menjadi anggota Gugus Depan 11.087/11.088 Ambalan Kamajaya dan Kamaratih SMA Negeri 1 Sapuran. Konsekwensi menjadi anggota Gugus tersebut adalalah mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab dan selanjutnya bisa mengikuti ujian SKU untuk menjadi Bantara. Selain itu beliau juga mengucapkan rasa terima kasih karena acara berjalan dengan lancar .

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks